LAPORAN PRAKTIKUM PEMASARAN
PENILAIAN DATA RESPONDEN DAN DATA LAPANGAN
PLAZA ANDALAS PADANG
Liat apa isinya ya..:)
KATA PENGANTAR
Puji beserta syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang
telah memberikan nikmat iman dan kesehatan kepada penulis, sehingga penulis
dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik. penulis juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing
mata kuliah PEMASARAN yang telah mengarahkan penulis untuk bisa menulis laporan
ini, seterusnya kepada teman-teman yang
juga berpartisipasi dalam menulis laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa laporan
ini masih jauh dari sempurna. Dan oleh karena itu penulis mengharapkan kritik
dan saran yang membangun dari semuanya, sehingga laporan ini bisa bermanfaat untuk yang
mendatang.
Padang,
17
Oktober 2013
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pemasaran
dalam arti sederhananya adalah proses membangun keuntungan dari pelanggan
dengan membuat nilai bagi konsumen dan menangkap nilai itu kembali,atau dalam
bahasa singkatnya membuat konsumen menjadi pelanggan.
Mahasiswa
merupakan salah satu konsumen suatu usaha yang paling banyak terdapat di aera
sekitar kampus. Yang mana kita ketahui bahwa mahasiswa sebagai konsumen
memiliki kebutuhan yang berbeda serta memiliki tingkat keragaman dalam perilaku
dalam membeli. Dengan memperhatikan kebutuhan mahasiswa serta perilakunya ,
kita bisa membuat suatu usaha yang akan berhasil dengan mahasiswa saja sebagai
konsumennya.
Selain
memperhatikan konsumen untuk membuat usaha kita bisa berhasil, faktor manajemen
produk tidak kalah pentingnya untuk menjadi ujung tombak dari pemasaran yang
kita lakukan. Manajemen produk tersebut dapat di pandang pada tiga tingkat,
yakni produk inti, produk aktual, dan produk tambahan. Oleh karena itu kita
harus bisa menyusun strategi agar ketiga tingkat pandangan produk tersebut
dapat muncul dalam produk yang akan kita tawarkan.
I.2 Rumusan Masalah
1.
Apakah barang atau jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh Mahasiswa
Universitas Andalas?
2.
Peluang usaha apakah yang paling cocok untuk di lakukan di lingkungan kostan
Mahasiswa Universitas Andalas?
3. Apakah
desain produk, kemasan produk, dan sebagainya mempengaruhi tingkat pembelian
produk tersebut?
I.3 Tujuan Penulisan
Adapun
penulisan laporan ini bertujuan :
1. Mengetahui
barang dan jasa yang paling banyak dibutuhkan di area sekitar kampus
Universitas Andalas
2. Mengatahui
usaha yang paling tepat di bangun di lingkungan kostan mahasiswa Universitas
Andalas.
3. Mengetahui
pengaruh desain produk, kemasan produk , dsb terhadap tingkat pembelian produk
oleh konsumen
I.4 Manfaat Penulisan
1.
Mengetahui dan memahami proses pemasaran adalah proses awal untuk mengarahkan
proses produksi.
2.
memahami bahwa manajemen produk adalah strategi yang harus diperhatikan dan
dikembangkan dalam proses pemasaran.
BAB
II
TINJAUAN
PUSAKA
A. Pemahaman
Konsep Pemasaran
I.
Ringkasan Materi
Pemasaran
memberikan arahan terhadap apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh konsumen saat
ini (kebutuhan Pasar), sehingga harus diproduksi dan memastikan bahwa
barang/jasa tersebut bisa diproduksi dan sampai ke tangan konsumen dengan baik,
artinya pemasaran memfasilitasi sector produksi dengen sector konsumsi
Konsep
pemasaran adalah ketika suatu unit bisnis/usaha memusatkan seluruh upayanya
(upaya total) untuk memuaskan pelangganya (kepuasan pelanggan) sehingga
memperoleh keuntungan sebagai sasaran akhir (tolak ukur kesuksesan jangka
panjang).
Menurut
Swastha Konsep pemasaran adalah sebuah
falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan
syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Menurut Kotler
Konsep Pemasaran adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam
memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran.
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa
yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran. Apabila kepuasan
konsumen tersebut terpenuhi, maka hasil penjualan produknya akan meningkat, dan
akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai, yaitu perolehan laba. Sebaliknya,
apabila perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya berfikir dari sudut
pandang produsen saja, kemungkinan hasil penjualan produknya akan menurun,
sehingga laba yang diperoleh minim, bahkan dapat terjadi adanya kerugian.
Kepuasan konsumen adalah segalanya bagi perusahaan yang berorientasi kepada
pemasaran/marketing.
II.
Petunjuk Pelaksanaan Praktikum
a. Lakukan
kegiatan dengan kelompok – kelompok praktikum yang telah ditentukan.
b. Lakukan
survey berkaitan dengan kegiatan menidentifkasi apa yang menjadi kebutuhan dan
keinginan pasar/konsumen saat ini dengan segementasi pasarnya adalah mahasiswa
, sehingga responden adalah teman kos masing-masing anggota kelompok (30
orang).
c. Survey
berkaitan dengan penggalian data primer dengan menggunakan instrument berupa
kuisioner yang telah disiapkan.
d. Buat
laporan tertulis disertai ampiran data primer yang telah diperoleh, kemudian
dianalisis.
I.
RingkasanMateri
Dalam definisi
luas, produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk
dayatarik, akuisisi, penggunaan, ataukonsumsi yang bisa memuaskan suatu keinginan
atau kebutuhan.
Masing-masing produk
atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan dapat dipandang pada tiga tingkat:
produk inti terdiri dari manfaat penyelesaian masalah inti yang dicari konsumen
ketika mereka membeli sebuah produk, produk actual berada disekitar inti dan meliputi
tingkat kualitas, fitur, desain, nama merek dan kemasan, produk tambahan adalah
pruduk actual ditambah beragam jasa dan manfaat yang ditawarkan bersamanya seperti
jaminan, pengiriman gratis, instalasi dan pemiliharaan.
Tingkat
penjualan produk akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Siklus hidup
produk mengacu pada tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh produk tersebut.
Siklus hidup produk adalah rangkaian strategi yang diterapkan oleh manajemen dalam
menghadapi siklus tersebut.
Dalam pemasaran,
definisi produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat
memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk
fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk
Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan
pelayanan yang diberikan oleh produsen.
Produk identik
dengan barang. Dalam akuntansi, barang adalah obyek fisik yang tersedia di
pasar. Sedangkan produk yang tidak berwujud disebut jasa. Dalam manajemen
produk, identifikasi dari produk adalah barang dan jasa yang ditawarkan kepada
konsumen. Kata produk digunakan untuk tujuan mempermudah pengujian pasar dan
daya serap pasar, yang akan sangat berguna bagi tenaga pemasaran, manajer, dan
bagian pengendalian kualitas.
Dalam pemasaran,
merk adalah simbol pengejawantahan seluruh informasi yang berkaitan dengan
produk atau jasa. Merk biasanya terdiri dari nama, logo dan seluruh elemen
visual lainnya seperti gambar, tipografi, warna, dan simbol. Merk juga
merupakan visualisasi dari citra yang ingin ditanamkan di benak konsumen. Dalam
konteks lain, merk sering menggunakan kata trademark (merk dagang).
II.
Petunjuk Pelaksanaan Pratikum
a. Lakukan
kegiatan dengan kelompok – kelompok praktikum yang telah ditentukan.
b. Lakukan
survey berkaitan dengan kegiatan mengidentifikasi produk – produk peternakan
yang terdapat di supermarket meliputi kualitas, merek, desain produk dan kemasan,
garansi, promosi dan bentuk pengembangan produk. Masing-masing kelompok memilih
salah satu supermarket yaitu Food Mart Bakso Grandmall, Robinson Ramayana Plaza
Andalas dan Suzuya Rocky Hotel.
c. Survey
berkaitan dengan penggalian data primer dengan menggunakan instrument form
identifikasi produk yang telah disiapkan dan dokumentasi setiap produk.
d. Buat
laporan tertulis disertai lampiran data primer yang telah diperoleh.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Kuisioner
Praktikum Lapangan 1
1. Hasil
Dari pratikum kuisioner yang telah
kami lakukan sejak tanggal 04 oktober – 18 oktober 2013. Maka hasil yang telah
kami dapatkan adalah sebagai berikut;
Tabel Data Karakteristik Responden
Kategori
Karakteristik
|
Jumlah
|
Jumlah
kuisioner
|
30
|
Fakultas
:
Peternakan
FISIP
Ekonomi
Hukum
Pertanian
Keperawatan
Politeknik
MIPA
Teknik
|
20
1
2
1
2
1
2
1
1
|
Jenis
Kelamin:
Laki
– Laki
Perempuan
|
18
12
|
Kelas
Sosial (belanja/bulan) :
Tinggi
Menengah
Rendah
|
≥ Rp 800.000,-
Rp
500.000 – Rp 750.000,-
≤ Rp 400.000
|
Tempat
tinggal responden
|
1. Asrama
Beastudi Etos Padang
2. Wisma
Al Fath 1
3. Wisma
Al Fath 2
4. Wiswa
Muthmainnah 1
5. Wisma
Muthmainnah 2
6. Kos-kosan
|
Identifikasi Kebutuhan ( Kebutuhan yang sangat
diperlukan mahasiawa )
Kategori
Kebutuhan
|
Kebutuhan
Dominan
|
Sandang
|
Baju,celana,dan
sepatu,
|
Pangan
|
Beras, lauk pauk
|
Fasilitas Tempat Kos
|
Kasur, Magig,listrik
|
Kesehatan
|
Obat obatan dan Susu
|
Keselamatan &
Keamanan Hidup
|
Payung, Beladiri
|
Sosial (teman,
keluarga, Cinta)
|
Pulsa, sahabat
|
Hobi, Minat, Bakat
|
Pelatihan
pengembangan diri , leadership, entrepreneur, jurnalistik dan lain-lain
|
Kegiatan Kuliah
|
Buku,Pena,Tas,warnet,
foto copy
|
2. Pembahasan
Dari seluruh
Kuisioner yang telah kami jalankan, ternyata rata- rata belanja per bulan bagi
mahasiswa yang menjadi responden kami adalah Rp 600.000.-. Dengan Menggunakan
uang sejumlah Rp 600.000,-, para responden kami telah mampu memenuhi kebutuhan
kehidupannya sebagai mahasiswa di Universitas Andalas, Padang. Kebutuahan
tersebut terkait dari segala kebutuahan kecuali biaya Kos karena Responden kami
kebanyakan tinggal pada rumah yang dikontrak dengan pembayaran uang kosnya
untuk per tahunnya.
Kebanyakan
Responden kami adalah golongan orang yang ekonomim menegah kebawah serta
tergolong mahasiswa kurang mampu dan dibiayai dengan Bidik Misi dan Biaya Etos
per bulan. Sehingga kebutuhan yang akan mereka penuhi adalah kebutuhan yang
benar – benar di butuhkan saat ini dan dapat menunda kebutuhan yang belum di
butuhkan saat ini.
Namun Kebanyakan
mereka memenuhi kebutuhannya dengan memesang target setiap hari / per bulannya.
Hingga mendapatkan kebutuhan yang lebih besar seperti, laptop, printer,i-ped dll.
Untuk kebutuhan
pangan, sandang, fasilitas kos,dan kegiatan kuliah saat ini bagi mereka, lebih
menonjol karena berhubungan degan kebutuhan pokok (hidup) dan kebutuhan kuliah.
Responden kami
kebanyakan tinggal di wisma dan asrama etos, sehingga untuk biaya pangan bisa
di minimalisir karna kebanyakan mereka memasak. Namun kebutuhan mereka saat ini
adalah menginginkannya warung tempat jualan bahan mentah yang lengkap dekat
dengan tempat tinggal, warung sambal andaikan beberapa waktu piket masak
berhenti ( seperti saat ujian dll) dan tempat pembayaran listrik dengan
rekening yang dekat dengan tempat tinggal
karena susahnya saat ini pembayaran listrik di PKM Universitas Andalas
akibat kerusakan jaringan.
Sehingga untuk
mengantisipasi itu, kami berencana akan membuka usaha tempat jualan bahan
mentah untuk memasak dan warung sambal yang akan di padukan dengan tempat
menbayaran listrik dengan rekening dan menggunakan listrik pulsa.
B.
Kegiatan Praktikum Lapangan II (
Manajemen Produk di Robinson, Ramayana, Plaza Andalas).
1. Produk
primer ( daging sapi,ayam segar, telur dan lain-lain)
Untuk data primer yang kita dapatkan
dalam praktikum disajikan dalam bentuk table,
Nama
produk
|
Merek
(legalitas,mudah diingat atau tidak, informasi merek,dan lain-lain)
|
Kemasan
(desain kemasan, informasi produk, label halal dan izin depkes/BPOM, dan
bahan dan lain-lain)
|
Desain
produk (warna,bentuk, tekstur,variasi rasa)
|
Daging sapi knacle
|
Paling murah, denganharga Rp
12.290,-/kg
By Robinson
|
·
Produk disimpan dalam kotak
persegi didalam freezer,
·
namun daging tak memiliki label
halal dari produsen twpun distributor, dan ini merupakan peluang pasar
terutama dalam promosi produk-produk halal kepada konsumen
|
Warna daging sapi masih merah dan
kondisinya segar
|
Daging ayam
|
Harga per satuan bagian ayam
berbeda-beda, contoh untuk kemasan yang memuat 1 ekor ayam harganya Rp
31.500,-/kg
|
Label halal dan perizinan dari dinas
kesehatan atau BPOM belum ada
|
Warna masih cerah dan kondisi daging
segar dan belum bau
|
Telur ayam
|
Setiap kemasan berbeda harga dan
jumlah telu yang dikemas. Contoh telur ada yang dimuat dalam piring dengan
jumlah sepuluh butir, dan yang tak dikemas dijual dengan system kiloan.
By robinson
|
Belum ada pelabelan halal,BPOM
|
Warna telur kecoklatan dan termasuk
kedalam golongan telur besar (jumbo)
|
Untuk produk primer atau bahan segar,
rata-rata belum dibuat pelabelan terhadap kemasan baik dari segi kehalalan,
perizinan Dinas Kesehatan maupun BPOM nya
.
2. Produkolahan
segar (sosis,nugget, yogurt,dan lain-lain)
Nama
produk
|
Merek
(legalitas,mudah diingat atau tidak, informasi merek,dan lain-lain)
|
Kemasan
(desain kemasan, informasi produk, label halal dan izin depkes/BPOM, dan
bahan dan lain-lain)
|
Desain
produk (warna,bentuk, tekstur,variasi rasa)
|
Sosis sapi
|
Benardi
A tradition in meats
|
·
kemasan plastic dengan isi
perkemasan adalah 6 bungkus
·
BPOM 21483082138
·
terbuat dari daging sapi pilihan
|
Produk disimpan dalm bentuk
bungkusan,yang dipacking dalam kemasan tambahan.
|
Yogurth
|
Cimory yogurt
|
·
kemasan botol
·
ada label halal dan identitas
komposisi produk yang terbuat dari susu segar
|
Produk olahan susu dengan perasa
tamabahan dari sari buah-buahan
|
Margarine
|
·
merk “for Vita”
·
Terbuat dari susu olhan
|
·
legalitas halal dan SNI
·
ada keterangan tambahan “0 gram
lemak trans”, yang mengundang keminatan konsumen untuk mengkonsumsi
|
Warna kuning cerah, dan kemasan juga
desain poster selaras dengan produk.
|
3. Produk
olahan
Nama
produk
|
Merek
(legalitas,mudah diingat atau tidak, informasi merek,dan lain-lain)
|
Kemasan
(desain kemasan, informasi produk, label halal dan izin depkes/BPOM, dan
bahan dan lain-lain)
|
Desain
produk (warna,bentuk, tekstur,variasi rasa)
|
Krupuk ikan Sumut
|
·
Krupuk ikan SUMUT
|
·
P-IRT 206127501120
·
Label halal
|
Warna kuning, kemasan plstik, bentuk
krupuk bulat melonjong dan renyah
|
Bikuit
|
Biscuit raisin pie,
|
·
Label halal
·
BPOM 235613311049
·
Bahan yang digunakan adalah telur
dan margarine
|
|
C.Kesimpulan
Praktikum yang dilakukan untuk
menilai dan mengetahui keadaan pasar baik dari segi sikap konsumen terhadap
produk yang dibutuhkan, keluhan yang terjadi, kualitas dan kuantitas produk
juga proses pemasaran yang dilakukan terhadap produk oleh produsen maupun
distributor.
Kelompok kita menyimpulkan bahwa
merk, pelabelan, bahan dasar pembuatan, kemasan, maupun harga sangat
berpengaruh besar terhadap keinginan konsumen saat ini. Dan jika salah satu hal
diatas bermasalah atau tidak sepenuhnya ada pada suatu produk, maka bisa jadi
suatu produk kurang diminati oleh konsumen.
Dan melihat dari dominasi produk dan
keluhan yang dimiliki responden /konsumen saat ini, kita berencana memasarkan
produk makanan dengan membuat café, dimana kafe ini dirangkai dengan nuansa
islami dan eksis buat para mahasiswa tentunya, baik dari segi kenikmatan rasa
prosuk, harga maupun tempat dan kemasan yang insya allah kami sediakan.
Nantinya kafe ini akan dibangun di tempat yang strategis dan mengundang
maghasiswa untuk berkunjung. Dari segi promosi, kita akan mempromosokan produk
makanan kita ( nasi, sambal, dan produk makanan khas luar daerah serta
lain-lain).mudah-mudahan terwujud.
Daftar
Pustaka
id.wikipedia.org/wiki/pemasaran
Zulhaqqi.2013.tugas manajemen strategi. Fakultas
Peternakan Unand,Padang
korespondensi by
Hj.Elfi Rahmi S.Pt,MP
Robinson Plaza
Andalas,Padang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar