Salam Peternakan

Minggu, 09 Maret 2014

Pemasaran Produk Peternakan, Plaza Andalas Padang

LAPORAN PRAKTIKUM PEMASARAN
PENILAIAN DATA RESPONDEN DAN DATA LAPANGAN
 PLAZA ANDALAS PADANG

Liat apa isinya ya..:)




KATA PENGANTAR

Puji beserta syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman dan kesehatan kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik. penulis  juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah PEMASARAN yang telah mengarahkan penulis untuk bisa menulis laporan ini, seterusnya  kepada teman-teman yang juga berpartisipasi dalam menulis laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Dan oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semuanya, sehingga laporan ini bisa bermanfaat untuk yang mendatang.

                                                                                    Padang, 17 Oktober 2013


                                                                                                     Penulis













 BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pemasaran dalam arti sederhananya adalah proses membangun keuntungan dari pelanggan dengan membuat nilai bagi konsumen dan menangkap nilai itu kembali,atau dalam bahasa singkatnya membuat konsumen menjadi pelanggan.
Mahasiswa merupakan salah satu konsumen suatu usaha yang paling banyak terdapat di aera sekitar kampus. Yang mana kita ketahui bahwa mahasiswa sebagai konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda serta memiliki tingkat keragaman dalam perilaku dalam membeli. Dengan memperhatikan kebutuhan mahasiswa serta perilakunya , kita bisa membuat suatu usaha yang akan berhasil dengan mahasiswa saja sebagai konsumennya.
Selain memperhatikan konsumen untuk membuat usaha kita bisa berhasil, faktor manajemen produk tidak kalah pentingnya untuk menjadi ujung tombak dari pemasaran yang kita lakukan. Manajemen produk tersebut dapat di pandang pada tiga tingkat, yakni produk inti, produk aktual, dan produk tambahan. Oleh karena itu kita harus bisa menyusun strategi agar ketiga tingkat pandangan produk tersebut dapat muncul dalam produk yang akan kita tawarkan.

I.2 Rumusan Masalah
1. Apakah barang atau jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh Mahasiswa Universitas Andalas?
2. Peluang usaha apakah yang paling cocok untuk di lakukan di lingkungan kostan Mahasiswa Universitas Andalas?
3. Apakah desain produk, kemasan produk, dan sebagainya mempengaruhi tingkat pembelian produk tersebut?
           

I.3 Tujuan Penulisan
            Adapun penulisan laporan ini bertujuan :
1.      Mengetahui barang dan jasa yang paling banyak dibutuhkan di area sekitar kampus Universitas Andalas
2.      Mengatahui usaha yang paling tepat di bangun di lingkungan kostan mahasiswa Universitas Andalas.
3.      Mengetahui pengaruh desain produk, kemasan produk , dsb terhadap tingkat pembelian produk oleh konsumen
I.4 Manfaat Penulisan
1. Mengetahui dan memahami proses pemasaran adalah proses awal untuk mengarahkan proses produksi.
2. memahami bahwa manajemen produk adalah strategi yang harus diperhatikan dan dikembangkan dalam proses pemasaran.










BAB II
TINJAUAN PUSAKA
A.    Pemahaman Konsep Pemasaran
I.                   Ringkasan Materi
Pemasaran memberikan arahan terhadap apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini (kebutuhan Pasar), sehingga harus diproduksi dan memastikan bahwa barang/jasa tersebut bisa diproduksi dan sampai ke tangan konsumen dengan baik, artinya pemasaran memfasilitasi sector produksi dengen sector konsumsi
Konsep pemasaran adalah ketika suatu unit bisnis/usaha memusatkan seluruh upayanya (upaya total) untuk memuaskan pelangganya (kepuasan pelanggan) sehingga memperoleh keuntungan sebagai sasaran akhir (tolak ukur kesuksesan jangka panjang).
Menurut Swastha  Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Menurut Kotler Konsep Pemasaran adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran. Apabila kepuasan konsumen tersebut terpenuhi, maka hasil penjualan produknya akan meningkat, dan akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai, yaitu perolehan laba. Sebaliknya, apabila perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya berfikir dari sudut pandang produsen saja, kemungkinan hasil penjualan produknya akan menurun, sehingga laba yang diperoleh minim, bahkan dapat terjadi adanya kerugian. Kepuasan konsumen adalah segalanya bagi perusahaan yang berorientasi kepada pemasaran/marketing.

II.                Petunjuk Pelaksanaan Praktikum
a.       Lakukan kegiatan dengan kelompok – kelompok praktikum yang telah ditentukan.
b.      Lakukan survey berkaitan dengan kegiatan menidentifkasi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar/konsumen saat ini dengan segementasi pasarnya adalah mahasiswa , sehingga responden adalah teman kos masing-masing anggota kelompok (30 orang).
c.       Survey berkaitan dengan penggalian data primer dengan menggunakan instrument berupa kuisioner yang telah disiapkan.
d.      Buat laporan tertulis disertai ampiran data primer yang telah diperoleh, kemudian dianalisis.

B. Manajemen Produk
                   I.            RingkasanMateri
Dalam definisi luas, produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk dayatarik, akuisisi, penggunaan, ataukonsumsi yang bisa memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan.





Masing-masing produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan dapat dipandang pada tiga tingkat: produk inti terdiri dari manfaat penyelesaian masalah inti yang dicari konsumen ketika mereka membeli sebuah produk, produk actual berada disekitar inti dan meliputi tingkat kualitas, fitur, desain, nama merek dan kemasan, produk tambahan adalah pruduk actual ditambah beragam jasa dan manfaat yang ditawarkan bersamanya seperti jaminan, pengiriman gratis, instalasi dan pemiliharaan.
Tingkat penjualan produk akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Siklus hidup produk mengacu pada tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh produk tersebut. Siklus hidup produk adalah rangkaian strategi yang diterapkan oleh manajemen dalam menghadapi siklus tersebut.
Dalam pemasaran, definisi produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk Kepuasan tersebut merupakan akumulasi kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan pelayanan yang diberikan oleh produsen.
Produk identik dengan barang. Dalam akuntansi, barang adalah obyek fisik yang tersedia di pasar. Sedangkan produk yang tidak berwujud disebut jasa. Dalam manajemen produk, identifikasi dari produk adalah barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Kata produk digunakan untuk tujuan mempermudah pengujian pasar dan daya serap pasar, yang akan sangat berguna bagi tenaga pemasaran, manajer, dan bagian pengendalian kualitas.
Dalam pemasaran, merk adalah simbol pengejawantahan seluruh informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa. Merk biasanya terdiri dari nama, logo dan seluruh elemen visual lainnya seperti gambar, tipografi, warna, dan simbol. Merk juga merupakan visualisasi dari citra yang ingin ditanamkan di benak konsumen. Dalam konteks lain, merk sering menggunakan kata trademark (merk dagang).

                II.            Petunjuk Pelaksanaan Pratikum
a.       Lakukan kegiatan dengan kelompok – kelompok praktikum yang telah ditentukan.
b.      Lakukan survey berkaitan dengan kegiatan mengidentifikasi produk – produk peternakan yang terdapat di supermarket meliputi kualitas, merek, desain produk dan kemasan, garansi, promosi dan bentuk pengembangan produk. Masing-masing kelompok memilih salah satu supermarket yaitu Food Mart Bakso Grandmall, Robinson Ramayana Plaza Andalas dan Suzuya Rocky Hotel.
c.       Survey berkaitan dengan penggalian data primer dengan menggunakan instrument form identifikasi produk yang telah disiapkan dan dokumentasi setiap produk.
d.      Buat laporan tertulis disertai lampiran data primer yang telah diperoleh. 






BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Kuisioner Praktikum Lapangan 1
1.      Hasil
Dari pratikum kuisioner yang telah kami lakukan sejak tanggal 04 oktober – 18 oktober 2013. Maka hasil yang telah kami dapatkan adalah sebagai berikut;

Tabel Data  Karakteristik Responden
Kategori Karakteristik
Jumlah
Jumlah kuisioner
30
Fakultas :
Peternakan
FISIP
Ekonomi
Hukum
Pertanian
Keperawatan
Politeknik
MIPA
Teknik


20
1
2
1
2
1
2
1
1
Jenis Kelamin:
Laki – Laki
Perempuan

18
12
Kelas Sosial (belanja/bulan) :
Tinggi
Menengah
Rendah


≥  Rp 800.000,-
Rp 500.000 – Rp 750.000,-
≤  Rp 400.000
Tempat tinggal responden
1.      Asrama Beastudi Etos Padang
2.      Wisma Al Fath 1
3.      Wisma Al Fath 2
4.      Wiswa Muthmainnah 1
5.      Wisma Muthmainnah 2
6.      Kos-kosan







Identifikasi Kebutuhan ( Kebutuhan yang sangat diperlukan mahasiawa )

Kategori Kebutuhan
Kebutuhan Dominan
Sandang
Baju,celana,dan sepatu,
Pangan
Beras, lauk pauk
Fasilitas Tempat Kos
Kasur, Magig,listrik
Kesehatan
Obat obatan dan Susu
Keselamatan & Keamanan Hidup
Payung, Beladiri
Sosial (teman, keluarga, Cinta)
Pulsa, sahabat
Hobi, Minat, Bakat
Pelatihan pengembangan diri , leadership, entrepreneur, jurnalistik dan lain-lain
Kegiatan Kuliah
Buku,Pena,Tas,warnet, foto copy


2.      Pembahasan
Dari seluruh Kuisioner yang telah kami jalankan, ternyata rata- rata belanja per bulan bagi mahasiswa yang menjadi responden kami adalah Rp 600.000.-. Dengan Menggunakan uang sejumlah Rp 600.000,-, para responden kami telah mampu memenuhi kebutuhan kehidupannya sebagai mahasiswa di Universitas Andalas, Padang. Kebutuahan tersebut terkait dari segala kebutuahan kecuali biaya Kos karena Responden kami kebanyakan tinggal pada rumah yang dikontrak dengan pembayaran uang kosnya untuk per tahunnya.
Kebanyakan Responden kami adalah golongan orang yang ekonomim menegah kebawah serta tergolong mahasiswa kurang mampu dan dibiayai dengan Bidik Misi dan Biaya Etos per bulan. Sehingga kebutuhan yang akan mereka penuhi adalah kebutuhan yang benar – benar di butuhkan saat ini dan dapat menunda kebutuhan yang belum di butuhkan saat ini.
Namun Kebanyakan mereka memenuhi kebutuhannya dengan memesang target setiap hari / per bulannya. Hingga mendapatkan kebutuhan yang lebih besar seperti, laptop, printer,i-ped dll.
Untuk kebutuhan pangan, sandang, fasilitas kos,dan kegiatan kuliah saat ini bagi mereka, lebih menonjol karena berhubungan degan kebutuhan pokok (hidup) dan kebutuhan kuliah.
Responden kami kebanyakan tinggal di wisma dan asrama etos, sehingga untuk biaya pangan bisa di minimalisir karna kebanyakan mereka memasak. Namun kebutuhan mereka saat ini adalah menginginkannya warung tempat jualan bahan mentah yang lengkap dekat dengan tempat tinggal, warung sambal andaikan beberapa waktu piket masak berhenti ( seperti saat ujian dll) dan tempat pembayaran listrik dengan rekening yang dekat dengan tempat tinggal  karena susahnya saat ini pembayaran listrik di PKM Universitas Andalas akibat kerusakan jaringan.
Sehingga untuk mengantisipasi itu, kami berencana akan membuka usaha tempat jualan bahan mentah untuk memasak dan warung sambal yang akan di padukan dengan tempat menbayaran listrik dengan rekening dan menggunakan listrik pulsa.

B.     Kegiatan Praktikum Lapangan II ( Manajemen Produk di Robinson, Ramayana, Plaza Andalas).
1.      Produk primer ( daging sapi,ayam segar, telur dan lain-lain)
Untuk data primer yang kita dapatkan dalam praktikum disajikan dalam bentuk table,

Nama produk
Merek (legalitas,mudah diingat atau tidak, informasi merek,dan lain-lain)
Kemasan (desain kemasan, informasi produk, label halal dan izin depkes/BPOM, dan bahan dan lain-lain)
Desain produk (warna,bentuk, tekstur,variasi rasa)
Daging sapi knacle
Paling murah, denganharga Rp 12.290,-/kg
By Robinson
·         Produk disimpan dalam kotak persegi didalam freezer,
·         namun daging tak memiliki label halal dari produsen twpun distributor, dan ini merupakan peluang pasar terutama dalam promosi produk-produk halal kepada konsumen
Warna daging sapi masih merah dan kondisinya segar
Daging ayam
Harga per satuan bagian ayam berbeda-beda, contoh untuk kemasan yang memuat 1 ekor ayam harganya Rp 31.500,-/kg
Label halal dan perizinan dari dinas kesehatan atau BPOM belum ada
Warna masih cerah dan kondisi daging segar dan belum bau
Telur ayam
Setiap kemasan berbeda harga dan jumlah telu yang dikemas. Contoh telur ada yang dimuat dalam piring dengan jumlah sepuluh butir, dan yang tak dikemas dijual dengan system kiloan.
By robinson
Belum ada pelabelan halal,BPOM
Warna telur kecoklatan dan termasuk kedalam golongan telur besar (jumbo)

Untuk produk primer atau bahan segar, rata-rata belum dibuat pelabelan terhadap kemasan baik dari segi kehalalan, perizinan Dinas Kesehatan maupun BPOM nya
.
2.      Produkolahan segar (sosis,nugget, yogurt,dan lain-lain)

Nama produk
Merek (legalitas,mudah diingat atau tidak, informasi merek,dan lain-lain)
Kemasan (desain kemasan, informasi produk, label halal dan izin depkes/BPOM, dan bahan dan lain-lain)
Desain produk (warna,bentuk, tekstur,variasi rasa)
Sosis sapi
Benardi
A tradition in meats
·         kemasan plastic dengan isi perkemasan adalah 6 bungkus
·         BPOM 21483082138
·         terbuat dari daging sapi pilihan
Produk disimpan dalm bentuk bungkusan,yang dipacking dalam kemasan tambahan.
Yogurth
Cimory yogurt
·         kemasan botol
·         ada label halal dan identitas komposisi produk yang terbuat dari susu segar
Produk olahan susu dengan perasa tamabahan dari sari buah-buahan
Margarine
·         merk “for Vita”
·         Terbuat dari susu olhan

·         legalitas halal dan SNI
·         ada keterangan tambahan “0 gram lemak trans”, yang mengundang keminatan konsumen untuk mengkonsumsi
Warna kuning cerah, dan kemasan juga desain poster selaras dengan produk.


3.      Produk olahan

Nama produk
Merek (legalitas,mudah diingat atau tidak, informasi merek,dan lain-lain)
Kemasan (desain kemasan, informasi produk, label halal dan izin depkes/BPOM, dan bahan dan lain-lain)
Desain produk (warna,bentuk, tekstur,variasi rasa)
Krupuk ikan Sumut
·         Krupuk ikan SUMUT
·         P-IRT 206127501120
·         Label halal
Warna kuning, kemasan plstik, bentuk krupuk bulat melonjong dan renyah
Bikuit
Biscuit raisin pie,
·         Label halal
·         BPOM 235613311049
·         Bahan yang digunakan adalah telur dan margarine



C.Kesimpulan
            Praktikum yang dilakukan untuk menilai dan mengetahui keadaan pasar baik dari segi sikap konsumen terhadap produk yang dibutuhkan, keluhan yang terjadi, kualitas dan kuantitas produk juga proses pemasaran yang dilakukan terhadap produk oleh produsen maupun distributor.
            Kelompok kita menyimpulkan bahwa merk, pelabelan, bahan dasar pembuatan, kemasan, maupun harga sangat berpengaruh besar terhadap keinginan konsumen saat ini. Dan jika salah satu hal diatas bermasalah atau tidak sepenuhnya ada pada suatu produk, maka bisa jadi suatu produk kurang diminati oleh konsumen.
            Dan melihat dari dominasi produk dan keluhan yang dimiliki responden /konsumen saat ini, kita berencana memasarkan produk makanan dengan membuat caf√©, dimana kafe ini dirangkai dengan nuansa islami dan eksis buat para mahasiswa tentunya, baik dari segi kenikmatan rasa prosuk, harga maupun tempat dan kemasan yang insya allah kami sediakan. Nantinya kafe ini akan dibangun di tempat yang strategis dan mengundang maghasiswa untuk berkunjung. Dari segi promosi, kita akan mempromosokan produk makanan kita ( nasi, sambal, dan produk makanan khas luar daerah serta lain-lain).mudah-mudahan terwujud.





Daftar Pustaka
id.wikipedia.org/wiki/pemasaran
Zulhaqqi.2013.tugas manajemen strategi. Fakultas Peternakan Unand,Padang
 korespondensi by Hj.Elfi Rahmi S.Pt,MP
Robinson Plaza Andalas,Padang





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar